002 Raden Asyfa Fuadi

RADEN ASYFA FUADI

CRAFT DENIM

CRAFT DENIM adalah sebuah home industry yang bergerak di bidang pembuatan kain selvedge denim menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) dan pewarnaan alami.

Didirikan oleh R. Asyfa Fuadi yang merupakan seorang sarjana teknik tekstil lulusan Universitas Islam Indonesia, CRAFT DENIM berusaha mengangkat kembali gairah tenun di Indonesia yang sudah lama menurun.

Ya, kain tenun Indonesia yang dulu bagaikan primadona di negeri sendiri kini sudah dianggap kuno dan ditinggalkan.

“CRAFT” terinspirasi dari inisial nama pendiri yaitu R.A.F yang akhirnya berada di tengah-tengah C.R.A.F.T.

Sebagai cucu dari maestro tenun Bp. Abdul Kadir (RIDAKA) yang dahulu menggalakkan dan membina banyak orang untuk menjadi pengusaha tenun di Pekalongan, kemerosotan gairah tenun yang terjadi hingga sekarang ini menjadi semangat utama untuk mempertahankan bahkan mengembangkan budaya tenun dengan terus berkarya dan berinovasi.

Hal yang menyebabkan kemerosotan tenun diantara lain adalah minim nya kemampuan adaptasi terhadap pembaruan baik di bidang fashion atau di bidang produksi.

Oleh karena itu, CRAFT DENIM berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kualitas yang diperlukan dari segi teknis, fungsi dan estetika.

CRAFT DENIM adalah pembaruan dari LUMINTU HANDWOVEN DENIM yang sudah berjalan sejak tahun 2012 dengan harapan baru yaitu bisa lebih banyak menghasilkan karya karya yang lebih berkarakter dengan sumber bahan baku 100% dari Indonesia baik dari benang tradisional hasil pemintalan manual para pengrajin di Jawa dan bahan baku pewarna indigofera tinctoria  yang juga dari Jawa yang merupakan sisa-sisa peninggalan dari era system tanam paksa di masa penjajahan VOC.

Akrab dengan ATBM dan pembuatan kerajinan tradisional sejak lahir, dirasa sangat memprihatinkan jika budaya menenun akan berakhir.

Hal ini sungguh terasa karena banyaknya usaha tenun yang gulung tikar. Mungkin satu hingga tiga tahun ke depan kita masih dapat melihat beberapa pengrajin tenun yang berkarya.

Namun apa yang akan terjadi sepuluh hingga dua puluh tahun yang akan datang jika kemerosotan minat kepada kain tenun terus berlangsung. Sungguh tidak bisa dibayangkan.

Tanpa adanya inovasi produk dan regenerasi pengrajin, tentunya tenun tradisional akan mati.

Orang-orang cenderung memberikan label “mahal, kuno dan mudah rusak” sehingga kain tenun tradisional tidak akan masuk ke lemari pakaian dan album foto di akun social media para generasi muda.

Dapat diketahui bahwa dalam pembuatan kain tidak hanya soal estetika, sifat-sifat kain yang dihasilkan juga penting untuk dicermati seperti kekuatan kain, tegangan kain, handling kain yang mana itu semua bisa diatur, direncanakan dan dihitung terlebih dahulu, tentunya dengan pengerjaan yang cermat pula.

Setelah requirements dapat dipenuhi, yang diharapkan adalah memupuk ulang kecintaan terhadap proses tradisional yang kerap luput dari perhatian. Dengan kain yang baik dan proses yang cermat dan produk akhir yang menarik, akan menjadi kebanggaan tersendiri jika mengenakan pakaian hasil dari proses tradisional yang serba manual.

CRAFT DENIM akan terus berkarya dan berinovasi untuk mengikuti perkembangan supaya kain tenun dapat digunakan sebagai pakaian sehari-hari tentunya dengan menambah kebanggan pemakai terhadap warisan budaya para pendahulu.

VISI dan MISI 

Membangkitkan kembali gairah tenun Indonesia melalui karya-karya yang dapat diterima oleh masyarakat luas.

Regenerasi pengrajin tenun yang berkualitas.

Menjadikan Indonesia pusat kebudayaan tenun tradisional untuk denim dan fashion ,

 

 

PRODUK CRAFT DENIM

Produk utama CRAFT DENIM adalah kain selvedge dengan sifat dan fungsi yang berbeda-beda antara lain kain Denim, Canvas, Chambray, Ikat, Scarf, Sashiko, Herringbone, Broken Twill dan lain lain yang telah digunakan untuk :

       SELVEDGE JEANS

       SELVEDGE PANTS

       KEMEJA

       JACKET

       OUTERWEAR

       TAS

       BATIK SCARF

       BATIK BANDANA

       BLOUSE/TOPS

       DAN LAIN LAIN

DAFTAR KLIEN CRAFT DENIM

Produk CRAFT DENIM selama ini telah banyak digunakan oleh brand dan designer di Indonesia maupun mancanegara, antara lain:

Indonesian Brands:

NBDN INDONESIA

SAUVAGES

PARGATA

IRON CLAD DENIM

WINGMAN DENIM

WARPWEFT CO.

NUSANTARA DENIM

SUKKHA CITTA

KAINKA

PAPA DENIM

RAFHEOO

GRAHAM POINT (2 X SUCCESSFULL KICKSTARTER PROJECTS)

Designers:

SOE JAKARTA / Monique Soeriaatmadja ( INDONESIA )

ROSELLAMAY ( ENGLAND )

NUR ZAHRA / Windri Dhari (INDONESIA)

FELICIA BUDI (INDONESIA)

SANDRA NIESSEN ( NETHERLANDS )

International Brands:

INDIGO PEOPLE ( NETHERLANDS )

DYEMOND GOODS ( NETHERLNDS )

CAROLINA DENIM ( UNITED STATES OF AMERICA )

BRAVESTAR SELVAGE (UNITED STATES OF AMERICA )

 

Kapasitas Produksi

Hingga saat ini, kapasitas produksi kain per bulan adalah:

Heavyweight Fabrics (denim, herringbone di atas 10 ounce per yard persegi) 500 m

Medium & Lightweight Fabrics (chambray, canvas, slub fabrics / kain kemeja) 700m

 

Harapan mengikuti EMERGING AWARDS

Dengan mengikuti EMERGING AWARDS ini, diharapkan ada perhatian lebih dari ASEPHI kepada pengrajin tenun di Indonesia pada umumnya salah satunya yaitu usulan untuk pembuatan “SNI” mengenai “kain tenun asli” karena banyaknya kain print dengan motif tenun yang beredar di pasar.

Harapan yang tak kalah besar yaitu kesempatan untuk mengikuti

INACRAFT di tahun selanjutnya dan bantuan berupa dukungan untuk dapat mengembangkan usaha.

JAYA SELALU TENUN INDONESIA

  • : CRAFT DENIM
  • : Jalan Urip Sumoharjo Buaran gang 1 A no.39 Pekalongan Jawa Tengah.
  • : 6281329467573
  • : asyfafuadi@gmail.com
  • : facebook : @craftdenim.id & Instagram : @craftdenim.id
  • : https://youtu.be/Xwl8rO3JPQo
  • : HANDWOVEN / CRAFT DENIM
Al Jufri
tondosusanto+3@gmail.com

+Entrepreneur +Director of PT.Raveena Batik Garmenindo (manufacturer & exporter of Indonesian Batik Sarong) located at Pekalongan - Central Java - Indonesia +Chairman Of Asephi Regional Board Of Central Java. +love street photography, coffee and Sneakers.