005 Tamakun

Batik Scarf Merak

-menggunakan material  kain Katun dengan corak  dan gaya Realis.

-pengerjaan nya adalah kombinasi antara seni Batik Tulis dan Seni Lukis.

-dikerjakan oleh anak2 muda yg memiliki hobi melukis dikolaborasikan dg pembatik tulis menghasilkan karya2 batik yg segar.

TAMAKUN ART BATIK REALIS

Berawal dari hobi menggambar sejak SD,saya meneruskan hobi ini menjadi profesi ketika lulus SMK(2002) dengan melukis pada media kain untuk busana,kaos,sepatu dsb.
Hampir 4th menekuni kain lukis saya pun menekuni media batik yang (lebih)merujuk pada identitas tradisional dgn kekhasan kota kami;Pekalongan.
(1)
Berawal dari mementaskan teatrikal terkait diklaimnya batik oleh Malaysia saya dipertemukan dengan seorang mahasiswa UKSW (satya wacana. Salatiga) dari Korea selatan yang kebetulan sedang melakukan penelitian tentang batik menyaksikan pementasan tersebut.
Selepas pentas kamipun bicaralah 4mata perihal seni dan batik.
Karena besar perhatian saya pada seni visual tradisional ini beliaupun mendukung dengan nyata dengan memberi order kaos batik dan wallhanging,dengan modal yang cukup.

(2)

Tapi langkah tak sesuai yg saya bayangkan, banyak sisi yang harus (lebih) saya pelajari dalam membuat batik, yang tak semudah ekspresi saya di atas pentas waktu itu.
Maka dicarilah inovasi melalui eksperimen yg menyita tenaga ,waktu dan pikiran .Dan batin.
Hingga pada satu titik beberapa teknik dapat secara nyaman kami aplikasikan sesuai dengan karakter batik yang saya maksud,yakni; “Batik Realis”
;menggabungkan antara seni batik dengan lukis realis

(3)

Setelah kemunculan kami di media sosial(2017) dengan “Tamakun Art” dengan tegline “prestisius batik art” mampu mencuri perhatian para pelaku dan pecinta batik.
Saat ini kami mengerjakan order yang 90% datang dari komunitas online.
Dan besar harapan kami agar kami bisa terus berkembang untuk membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar dan menambah varian kekayaan seni batik kebanggaan negeri ini.

(fine)

  • : TAMAKUN ART BATIK REALIS
  • : jalan Jawa gang 13 c n o 2 kelurahan Kergon PEKALONGAN 51113 JAWA TENGAH INDONESIA
  • : +6285713390610
  • : tamakunart@gmail.com
  • : Facebook : Tamakun art & Instagram : Tamakunart
  • : Batik Scarf Merak
Al Jufri
tondosusanto+3@gmail.com

+Entrepreneur +Director of PT.Raveena Batik Garmenindo (manufacturer & exporter of Indonesian Batik Sarong) located at Pekalongan - Central Java - Indonesia +Chairman Of Asephi Regional Board Of Central Java. +love street photography, coffee and Sneakers.