Iqbal Alexander

KERTABUMI adalah start up social yang  berbasis komunitas, yang berinovasi untuk  mencari solusi lain dalam permasalah  sampah di Indonesia.

KERTABUMI dibangun oleh Ikbal  Alexander di tahun 2017, bermula dari keinginannya untuk menanggulangi sampah di sekitar rumahnya dan sekarang  sudah menciptakan lebih dari 100 produk  daur ulang.

KERTABUMI didirikan  untuk menjadi media gratis edukasi ilmu, teknik dan metode daur ulang secara  online.

Iqbal lahir di Bandung, 21 Feb 1984, Ikbal mengenyam  pendidikan S1 dengan program dual degree dari  Universitas Padjajaran dan Tenri University (Jepang).  Lalu melanjutkan program S2 di Universitat de  Barcelona di Spanyol. Sebelum kembali ke Indonesia,  Ikbal bekerja untuk PBB di Aaman, Yordania. Ikbal  bisa berbahasa Inggris, Jepang dan Spanyol

Setelah kembali ke Indonesia tahun 2014, Ikbal  berkerja untuk ASEAN Youth Organization selama 3  tahun. Di  penghujung tahun  2017, Ikbal  memutuskan untuk mendirikan social enterprise  yang fokus untuk melakukan riset dan invoasi  sampah di Indonesia, Kertabumi Klinik Sampah.

KERTABUMI memperdayakan perempuan  di perkampuangan Bintaro.  Semua pembelian produk  KERTABUMI berkontribusi  terhadap perubahan  ekonomi dan social di  komunitas mereka.

Dalam menjalankan Kertabumi, ikbal belajar secara  autodidak untuk mennggunakan mesin jahit,  mengayam, merajut dan teknik-teknik lain untuk  memproses sampah menjadi produk yang bernilai  dan berguna.

  • : Kertabumi Klinik Sampah
  • : Jl. Cucur Jaya Blok C1 No.10 Bintaro Jaya Sektor 4, Pondok Aren. Tangerang Selatan 15225
  • : 0813 1005 2330
  • : ikbal@kertabumi.org
  • : http://www.kertabumi.org
  • : Instagram @kertabumikliniksampah
Dewi Assa’ad
tondosusanto+7@gmail.com