Kurniati Rachel Sugihrehardja (Nia)

Bikinbikin berawal di tahun 2009 saat saya dan keluarga kecil saya memutuskan untuk memilah sampah di rumah. Seiring berjalan nya waktu kami menyadari begitu banyak sampah kotak susu di rumah kami. Lalu saya mencoba berkreasi dengan karton-karton susu tersebut. Produk pertama yang dibuat adalah notebook cover, yang kemudian saya pakai sendiri dan saya buat sebagai hadiah untuk beberapa kerabat dekat. Lalu, saya menerima pesanan pembuatan notebook cover dari beberapa teman, kerabat dan juga kantor-kantor dan mulai mengumpulkan kotak susu bekas dari tetangga sekitar dan lingkungan terdekat. Dari situlah kemudian lahir beberapa produk lain seperti kotak serbaguna, dompet, tas hingga produk lainnya.

Sekarang Bikinbikin bekerjasama dengan sejumlah kedai kopi yang menyumbangkan kotak susu nya pada kami untuk diolah.

Workshop kecil kami terletak di Tangerang, dimana kami membuat produk-produk Bikinbikin. Pengrajin kami terdiri dari beberapa pekerja lepasan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Semua bahan dasar kotak susu yang kita peroleh harusmelalui beberapa tahap sebelum akhirnya bisa dipakai sebagai bahan baku. Kotak susu tersebut dicuci bersih, lalu dikeringkan, kemudian d sterilkan sebelum akhirnya dipotong secara manual satu persatu sebelum akhirnya dipadupadankan dengan kain batik sebagai pelapis untuk menjadi produk yang berciri khas unik Indonesia.

Secara teknis, selain penggabungan dengan material kain, ada juga yang produk berbahan dasar kotak susu yang tidak dilapis kain. Bahan kotak susu ini melewati sebuah tahapan proses yang unik untuk menciptakan tekstur, sebelum di jahit menjadi sebuah tas yang menjadi produk utama Bikinbikin saat ini. Dimasa depan Bikinbikin berharap dapat melakukan pengembangan produk dengan teknik dan variasi desain lainnya dan menjadi perusahaan berbasis komunitas yang membudayakan alternatif penanganan limbah.

  • : Bikin Bikin
  • : Alamat : Sutera Sitara Orlanda 6 no 3 Alam Sutera - Tangerang
  • : 08561161687
  • : bikin2x@gmail.com
  • : @bikinbikincraft
  • : Milk Carton Tote Bag
Tri Mulaningsih
tondosusanto+21@gmail.com