SINDHU PRASASTYO

KALUNG & GELANG

Produk KALUNG terbuat dari limbah ban dalam truk dan dibuat dengan cara yang rajah lingkungan. limbah ban dalam truk merupakan bahan  pengganti kulit yang cukup populer dikarenakan kemiripan tekstur dan polanya yang unik.

SAPU- UPCYCLE

Berangkat dari sebuah komunitas peduli lingkungan yg terdiri dari beberapa Seniman dan Sukarelawan pada th 2006 di Salatiga Jawa Tengah.

Awal mulanya pendiri Sapu-Upcycle yaitu SINDHU PRASASTYO dan ERIKA FIRNIAWATI tergugah utk ikut bergabung di dalam komunitas dg menjadi Sukarelawan dan aktif menjadi pengurus bidang  kreatif pengolahan limbah. dengan menerapkan prinsip Reduce, Reuse, Recycle dan Upcycle mereka melakukan Inovasi agar sampah dapat  dikurangi dg cara diolah kembali menjadi barang yg Bermanfaat dan mempunyai fungsi kembali serta mempunyai nilai lebih.

Setelah Bergelut dengan pengolahan limbah sejak 2006 s/d 2010, mereka memberanikan diri untuk  memulai dengan membuka badan usaha yg bernama SAPU UPCYCLE.

Belajar dari pengalaman,pengalaman dan Riset mereka selama bergabung di dalam komunitas kemudian Fokus melakukan Bisnis pengolahan limbah Ban Dalam Truk, sebelum kelak merambah Inovasi Material Limbah yang lain seperti Tenda Tentara Bekas,Kayu ,Logam dan circuit board handphone.

Sampai dengan th 2018 SAPU-UPCYCLE telah memperkerjakan 14 (empat belas) tenaga kerja kreatif, serta membentuk jaringan Kerja aktif di sekitar .

Saat ini SAPU-UPCYCLE sudah membentuk jaringan pasar baik di dalam maupun Luar negeri.   untuk pasar di dalam negeri mereka telah bekerjasama dg retailer-retailer di Yogyakarta dan Bali. Sedangkan untuk pasar luar negeri SAPU-UPCYCLE sudah mengekspor produknya ke beberapa negara Eropa seperti Perancis,Inggris dan Jerman.

untuk saat ini pasar Ekspor masih  Mendominasi.

Prestasi:

-Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi 2009 .

– Merit Prize in other Natural Materials Category ( INACRAFT AWARD 2017)

Pameran yang pernah diikuti:

-Top Drawer Fashion London 2014

-Chiang Mai Design Week Thailand 2016

-PHINASTIKA Yogyakarta 2015

-INACRAFT 2017

-Trade Expo Indonesia 2017

  • : SAPU UPCYCLE - Eco friendly Lifestyle
  • : Jalan Kenanga Randuacir Argomulyo SALATIGA 50735 JAWA TENGAH INDONESIA.
  • : 6281542514956
  • : info_sapu@yahoo.com
  • : http://www.sapu-upcycle.com
  • : Facebook : Sapu @sapuupcycling & Instagram : sapu_upcycle
  • : https://youtu.be/sAoWYjTVaCQ
  • : KALUNG dan GELANG Berbahan Limbah Ban Dalam Truk.
Al Jufri
tondosusanto+3@gmail.com

+Entrepreneur +Director of PT.Raveena Batik Garmenindo (manufacturer & exporter of Indonesian Batik Sarong) located at Pekalongan - Central Java - Indonesia +Chairman Of Asephi Regional Board Of Central Java. +love street photography, coffee and Sneakers.