Syukriatun Niamah (Nia)

Eksperimen dimulai tahun 2015 dari masalah sampah plastik yang menumpuk di kost ketika kuliah, kemudian berfikir bagaimana dengan masalah plastic di tempat lain, sampah di Indonesia. Lalu Mencoba menghasilkan produk yang lebih bernilai dibandingkan produk upcycle yang banyak dibuat. Setelah berhasil menciptakan produk yang masih menggunakan campuran resin sebagai bahan perekat, sempat vakum karena kritik dalam penggunaan resin dan kesibukan kuliah. 

Dimulai kembali setelah lulus di tahun 2017, mulai membeli oven bekas untuk menghasilkan produk baru yang full 100% limbah plastic. Kemudian dengan tim baru di bidang management dan teknik mesin, menambah mesin produksi dan memulai bisnis. Pertama kali hanya memproduksi home dekor seperti, jam, vas, dan furniture berupa stool. Dalam menghasilkan produk, kami berupaya agar  masyarakat memiliki perspektif lain bahwa produk olahan sampah bisa terlihat unik, cantik, dan layak sehingga konsumen bisa bangga menggunakan produk recycle.

Kemudian dari founder yang sudah bergelut di bidang 3dprint sejak tugas akhir ditambah semakin banyaknya penggunaan 3dprint di Indonesia maupun global, membuat tim robries berfikir dapat merambah peluang baru dengan membuat tinta 3d printing dari material recycle. 

Alasan lain yang membuat kami yakin mengembangkan filament recycle, selain potensi pasar juga pemikiran bahwa teknologi baru menggunakan material plastic baru dapat berpotensi menambah sampah plastic, kenapa tidak memanfaatkan plastic yang sudah ada atau pernah digunakan. 

Selain menjual tinta secara langsung kepada pengguna 3d print, kami juga menyediakan jasa 3d printing dengan filament recycle kami untuk konsumen yang tidak memiliki 3d print sendiri.

 

Pembuatan 3 foto dibawah ini caranya adalah sbb : 

1. Untuk produk Knock Down Chair konsepnya separuh raw, jadi ini dari tutup botol bekas yang dicacah trs dipanaskan dan dibentuk ulang menjadi kursi. Produk ini adalah produk kolaborasi dengan studio. Desainnya dr studio dan produksi nya  dari dia.

2. Produk filament/tinta 3d print. Cara membuatnya, plastik pertama di cacah dulu di mesin shredder kemudian di masukkan ke mesin extruder untuk dibentuk seperti kabel. Kemudian setelah dibentuk kita gulung. Per rollnya berat nya 1 kg

3. Kalau jam ini dibuatnya hampir sama dengan kursi, jd awal plastik bekas di cacah dulu di mesin shredder kemudian dimasukkan cetakan dan dipanaskan laku di press hingga berbentuk bulat.

Selanjutnya dipasangkan framenya dan jarum serta mesin jamnya.

Tri Mulaningsih
tondosusanto+21@gmail.com